Berikut 7 Fungsi VPS yang Wajib Diketahui

Berikut 7 Fungsi VPS yang Wajib Diketahui – Mungkin sebagian dari anda masih merasa cukup asing dengan yang namanya VPS. Hal ini cukup wajar memang mengingat shared hosting masih menjadi pilihan banyak orang karena harganya yang lebih terjangkau dan lebih mudah dioperasikan jika dibandingkan dengan VPS.

Bisa jadi anda juga merupakan pengguna shared hosting. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih dalam mengenai VPS. Bisa jadi anda akan membutuhkan VPS di waktu mendatang.

VPS sendiri memiliki beberapa fungsi yang bisa dibilang lebih baik daripada shared hosting. Salah satu kegunaannya adalah meningkatkan performa dan kinerja dari website yang anda kelola.

Lantas, Apa saja fungsi VPS yang wajib diketahui?

Baca juga : Apa itu Domain? Berikut ini Penjelasan Lengkap Tentang Domain

Berikut 7 Fungsi VPS yang Wajib Diketahui

Berikut 7 Fungsi VPS yang Wajib Diketahui

Menampung Website dengan Trafik Tinggi

Buat anda yang mengelola sebuah website dengan trafik yang tinggi, penggunaan VPS bisa menjadi solusi utama anda. Jika yang digunakan adalah shared hosting, anda dapat mencoba untuk pindah ke layanan VPS yang tentunya lebih memadai.

Jika anda masih memaksakan untuk menggunakan shared hosting dengan trafik yang sangat tinggi, hal ini dapat berpotensi mengakibatkan suspensi domain karena mengganggu resource lain yang digunakan dalam satu shared hosting.

Biasanya jika trafik website pada shared hosting sudah terlalu tinggi, penyedia layanan hosting akan menginformasikan kepada anda untuk berpindah ke VPS.

Web Hosting dengan Skala Kecil

Jika anda memiliki bisnis jasa pembuatan website, VPS bisa menjadi jawaban untuk web hosting seluruh klien anda. Dengan menggunakan VPS, anda dapat lebih mudah dalam mengontrol dan mengelola website-website klien anda secara penuh dan lebih bebas.

Mengakses Server Secara Remote

Untuk anda yang menginginkan kontrol penuh terhadap server dimanapun dan kapanpun, VPS dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan menggunakan VPS, anda dapat mengakses komputer maupun server secara remote. Anda bahkan mendapatkan kontrol penuh terhadap server dimanapun anda berada.

Dapat Berfungsi Sebagai VPN

Untuk anda yang belum tahu, VPS juga bisa digunakan sebagai VPN (Virtual Private Network). VPS dapat difungsikan sebagai VPN bagi perusahaan yang membutuhkan jaringan private bagi karyawannya saja.

VPS juga bisa dijadikan sebagai VPN untuk menyimpan data-data penting dan dapat tetap diakses dengan aman selama berada dalam jaringan VPN tersebut.

Menyimpan File Hosting

VPS juga dapat digunakan untuk menyimpan file-file berukuran besar yang dapat diakses secara pribadi maupun pengunjung website anda. Fitur ini biasanya hanya ditemukan pada layanan VPS.

Buat anda yang membutuhkan fitur penyimpanan file yang bersifat online untuk backup hingga file sharing, VPS menjadi layanan yang cocok bagi anda.

Menyimpan Data Backup

Umumnya layanan VPS yang ditawarkan sudah tercantum ukuran disk space yang dimiliki. Untuk layanan VPS di Cloudbank, ukuran disk space yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari 20 GB hingga 160 GB. Ukuran yang cukup besar ini dapat dimanfaatkan untuk menyimpan data backup.

Sebagai Server Percobaan

Untuk anda yang merupakan programmer atau pengembang software, tentu membutuhkan yang namanya server dengan harga terjangkau, namun tetap memberikan kendali penuh atas server tersebut untuk dijadikan server percobaan.

Nah, VPS murah bisa menjadi alternatif untuk menampung server percobaan. VPS sendiri tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan dedicated server.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles