Apa itu VPS? Berikut Ini Penjelasan Mengenai VPS!

Apa itu VPS? Berikut Ini Penjelasan Mengenai VPS! – Mungkin beberapa dari anda sudah mengetahui tentang apa itu VPS, tapi tentunya beberapa orang juga tidak mengetahui apa itu VPS. Di blog.cloudbank.id ini akan menjelaskan apa itu VPS. VPS ini sendiri merupakan kepanjangan dari Virtual Private Server yang merupakan sebuah layanan hosting untuk mengonlinekan sebuah website. Hosting ini sendiri menggunakan teknologi virtual yang menyediakan resource sendiri sehingga bisa digunakan lebih dari satu user.

VPS ini sendiri dipilih oleh banyak user karena beberapa keunggulan, salah satunya lebih aman dan stabil dibandingkan dengan shared hosting yang dimana shared hosting ini tidak dedicated atau sendiri, melainkan harus bergabung dengan orang lain.

Pengertian VPS

Kesimpulannya, VPS merupakan server pribadi yang resource nya itu hanya digunakan satu pengguna dan tidak ada pengguna lainnya. Pengguna bisa mengelola secara penuh server ini dan bahkan bisa membagi akses kepada orang lain bila pengguna ini memberi ijin.

VPS ini merupakan sebuah virtualisasi hardware fisik yang dibagi menjadi berbagai resource. Disebut virtual karena pembagian dilakukan dengan software, jadi dalam satu buah server ini bisa terdapat beberapa VPS dijalankan.

Fungsi VPS

Setelah mengetahui apa itu VPS, VPS ini sendiri juga memiliki berbagai fungsi masing-masing yang dapat diterapkan oleh pengguna. Berikut ini fungsi-fungsi dari VPS :

Web Hosting / Server Website

VPS biasanya digunakan untuk mengeksekusi sebuah halaman website sehingga disebut dengan web hosting. Biasanya penggunaan VPS ini digunakan oleh perusahaan atau klien yang membutuhkan load tinggi. Meskipun terkadang ada juga pribadi yang menggunakan VPS karena traffic dari website yang dimiliki cukup padat.

File Hosting

Selain menjadi web hosting, VPS juga bisa menjadi tempat menyimpan file-file penting alias file hosting. File-file ini tidak boleh digabung dalam layanan hosting karena bisa saja file-file ini membebani server serta pengguna lain. Selain itu juga besarnya dari penyimpanan pada VPS tergantung dari paket pengguna, semakin besar disk space sebuah VPS maka semakin mahal juga biaya langganannya.

Remote Desktop

Dalam VPS pengguna bisa menanamkan sebuah bot yang untuk menjalankan perintah sesuai yang sudah diprogram.

Hosting Aplikasi

Terkadang para developer juga melakukan pengembangan serta percobaan aplikasi dengan menggunakan VPS sebagai hosting aplikasinya. VPS ini bisa dibangun dengan custom mission critical software tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi.

Backup Server

Semua server tentu saja rentan terhadap kehilangan data. Hal ini bisa saja terjadi karena kebobolan atau bahkan kesalahan konfigurasi. Maka dari itu ditambahnya sebuah backup server berguna untuk menyimpan segala data yang ada di server secara up to date sehingga bila terjadi kesalahan atau masalah yang tidak diinginkan, ada backup server yang bisa di restore.

baca juga : Berikut 7 Fungsi VPS yang Wajib Diketahui

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih VPS

Memilih VPS itu ibaratkan memilih spesifikasi komputer, tidak boleh asal-asalan. Harus berdasarkan kebutuhan dan penggunaan. Umumnya para penyedia layanan VPS ini memberikan spesifikasi yang berbeda-beda, biasanya ada yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan anda, ada juga yang sudah prebuilt jadi tinggal pilih yang mendekati kebutuhan anda. Perlu diingat semakin besar spesifikasi yang dipilih tentu saja biaya yang dikeluarkan juga akan semakin besar.

Ruang Penyimpanan

Salah satu pertimbangan yang perlu diperhatikan adalah ruang penyimpanan dari VPS ini. Kini sudah banyak penyedia VPS murah yang menyediakan SSD untuk mendukung server mereka. SSD tentu saja bisa membaca dan menulis data lebih cepat dibandingkan HDD. Selain itu juga kapasitas yang ditawarkan perlu diperhatikan. Bila space yang disewa kecil, maka untuk kebutuhan website dan sistem yang membutuhkan disk besar akan tidak bisa dijalankan dengan optimal.

Lokasi Layanan

Tidak semua layanan VPS indonesia meletakkan servernya di Indonesia. Malah kebanyakan penyedia layanan VPS meletakkan servernya di luar negeri. Lokasi tentu saja berpengaruh pada koneksi klien dan juga server. Meski tidak begitu dipermasalahkan, tapi terkadang ini menjadi beberapa faktor delay dari server ketika mengirimkan data.

Backup

Banyak pengguna yang mengembangkan usahanya dengan VPS dan menyimpan data kliennya di dalam VPS, tapi sayangnya beberapa dari mereka melakukan kesalahan dan akhirnya kehilangan data klien karena tidak ada backup berkala. Beberapa kasus bahkan terjadi karena kesalahan konfigurasi. Karena tidak adanya backup dari layanan VPS ini tentu saja memberikan masalah kepada penyewa VPS.

Sistem Operasi

Salah satu hal yang perlu diperhatikan lagi antara lain sistem operasi. Biasanya server menjalankan sistem operasi Linux, dimana sistem operasi ini cukup populer terutama dalam penggunaan server. Tapi ada juga penyedia layanan VPS yang memberikan pilihan sistem operasi windows. Jadi sesuaikan dengan penggunaan saja apakah perlu linux atau windows.

Kesimpulan

Nah jadi setelah mengetahui apa itu VPS, kegunaan VPS, apa saja yang perlu diperhatikan ketika membeli VPS, anda sudah boleh memikirkan apakah VPS ini cocok buat anda dan mulai menyusun spesifikasi yang cocok buat menyewa VPS pada penyedia layanan VPS. Anda dapat menemukan VPS Murah di Batam hanya di Cloudbank.id. Layanan server yang disediakan dijamin akan selalu uptime hingga 99%.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles