Apa itu Digital Marketing? Berikut ini Penjelasan Mengenai Digital Marketing

Apa itu Digital Marketing? Berikut ini Penjelasan Mengenai Digital Marketing – Jaman sekarang sudah banyak banget bisnis ataupun startup yang menggunakan jasa atau teknik digital marketing. Tapi tahukah kamu apa itu digital marketing? Sebenarnya digital marketing secara umumnya mirip dengan promosi biasa, hanya saja ini melalui jalur digital.

baca juga : Apa sih Bisnis Online? Berikut Ini Penjelasannya!

Digital marketing adalah strategi untuk memasarkan produk melalui program digital atau media digital. Jadi apa yang membuat digital marketing ini sangat populer sehingga teknik marketing konvensional jadi jarang digunakan?

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing merupakan salah satu metode untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa yang dilakukan dalam media digital. Contohnya iklan ketika di sosial media yang mempromosikan sebuah produk dan iklan dalam video. Kini banyak perusahaan yang sudah mulai menerapkan digital marketing untuk bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas. Hal ini disebabkan iklan tidak hanya sekedar di satu platform, tapi di semua platform yang bisa dijangkau oleh semua orang, baik itu TV, internet, ataupun radio. Bahkan tidak hanya skala nasional, bahkan internasional pun bisa dijangkau.

Manfaat dari Penerapan Digital Marketing

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari digital marketing sehingga banyak perusahaan yang menerapkan sistem ini. Tentu saja faktor yang mempengaruhi ini adalah penjualan produk yang lebih banyak dari biasanya, kemudian banyak user yang mengetahui nama dari perusahaan alias branding yang sangat luas. Dengan harga yang murah, pemasaran dengan digital marketing tergolong cukup efisien.

1. Target pasar sesuai

Menentukan target pasar sudah menjadi salah satu fitur menarik dari digital marketing dimana kita bisa menargetkan sendiri iklan ini harus ditujukan kesiapa saja, orang yang suka apa saja, dan orang yang berumur berapa. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan untuk iklan anda agar tidak asal sebar aja, tapi tujuan target iklan pun tercapai.

2. Menjangkau semua pasar

Digital marketing ini sendiri tidak memiliki batas, mau itu berjalan hingga 24 jam sehari pun masih bisa dilihat oleh orang banyak di seluruh dunia. Mau dijangkau oleh orang yang beda pulau atau bahkan beda negara juga bisa.

3. Biaya murah

Budget untuk digital marketing ini sendiri tidaklah mahal. Malah bisa tergolong cukup murah dibandingkan dengan pemasaran konvensional yang butuh untuk cetak poster, billboard, dsb. Bahkan pemasaran tersebut kurang tertarget, maka dari itu memasang iklan di dunia digital lebih mudah dan efisien.

Penerapan Digital Marketing

Digital Marketing ini sendiri bisa tergolong cukup banyak cara. Banyak sekali media yang bisa dimanfaatkan untuk memulai digital marketing.

Berikut ini penerapan digital marketing yang cocok untuk meningkatkan penjualan anda :

1. SEM (Search Engine Marketing)

SEM ini sendiri merupakan salah satu strategi yang melibatkan mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. SEM ini sendiri juga terbagi menjadi dua jenis lagi yakni SEO dan PPC. SEO (Search Engine Optimization) merupakan cara yang dilakukan dengan mengoptimasi konten digital marketing anda agar dapat muncul di halaman pertama google tanpa menghabiskan uang atau menggunakan iklan. Kemudian PPC, sebuah cara berbayar yang dimana artinya kita menyediakan iklan di Google sehingga konten yang ingin kita jual ini selalu berada di halaman pertama dan berada di atas.

2. Content Marketing

Sesuai dengan namanya, cara ini tentu melibatkan konten, baik itu membuat ataupun mengelola. Konten ini biasanya berisi sebuah kata-kata atau gambar yang menawarkan produk dan jasa yang anda tawarkan kepada calon customer. Nah konten ini biasanya berada di sosial media ataupun website dari perusahaan atau pengguna ini sendiri. Maka dari itu bila ingin memulai website, anda dapat memulai untuk mencari nama domain murah serta layanan web hosting terbaik. Bila sudah menemukan nama domain sesuai, maka anda mulai bisa mengisi konten serta mengoptimasinya dengan SEO.

3. Email Marketing

Email marketing merupakan strategi berupa mengirimkan email kepada para pelanggan atau customer yang telah subscribe atau berlangganan dengan kita. Jadi email yang dikirim bukanlah sekedar email biasa, tapi melainkan email yang berisi ajakan kepada pengguna atau pelanggan untuk membeli produk kita sendiri. Tentunya isi email ini diusahakan sebagus mungkin dan semenarik mungkin sehingga pelanggan ingin membuka email dan membacanya.

4. Social Media Marketing

Strategi pemasaran satu ini sudah sesuai dengan namanya yakni melalui platform media sosial, pemasaran yang dilakukan pun melalui media sosial. Mulai dari Instagram, Facebook, Tiktok dan juga Twitter. Semua platform media sosial dapat digunakan sebagai sarana promosi bisnis. Bahkan beberapa platform media sosial juga sudah menyediakan tool untuk membantu para pebisnis bisa melakukan promosi melalui platform mereka.

5. Mobile Marketing

Metode ini digunakan dengan perangkat seluler atau smartphone. Terdapat dua cara yakni telemarketing dan SMS marketing. Telemarketing ini sendiri merupakan cara dengan menghubungi nomor pelanggan, biasanya ini digunakan oleh para perbankan atau finance. Kemudian ada lagi SMS marketing yang penerapannya dengan mengirimkan SMS secara massal ke nomor pelanggan.

baca juga : Tips Memilih Hosting yang Tepat untuk Website Anda

Kesimpulan Digital Marketing

Jadi dengan anda sudah tau apa itu digital marketing, maka anda sudah mengerti bahwa digital marketing untuk jaman sekarang ini sangatlah cocok dan sangat dibutuhkan untuk peningkatan branding dan juga pemasaran yang lebih baik pada sebuah produk atau jasa. Dibandingkan dengan pemasaran konvensional yang masih cukup mahal dan tidak efisien, menggunakan digital marketing tidak ada salahnya. Secara branding juga lebih luas dan bisa mencakup seluruh dunia.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles