Apa sih Bisnis Online? Berikut Ini Penjelasannya!

Apa sih Bisnis Online? Berikut Ini Penjelasannya! – Bisnis online pada dasarnya merupakan sebuah jenis bisnis yang dijalankan secara online. Banyak orang bisa melakukan bisnis online sebab bisnis online tidak sulit untuk dijalankan, dan bahkan menawarkan keuntungan yang cukup besar.

baca juga : Apa itu Domain? Berikut ini Penjelasan Lengkap Tentang Domain

Pengertian Bisnis Online

Bisnis Online merupakan bisnis yang dijalankan melalui internet atau online, mulai dari aktivitas jual-beli, pelayanan konsumen, dan juga promosi bisa dilakukan secara online. Menariknya lagi bisnis online bisa menjual berbagai jenis produk secara online, baik itu barang, jasa serta produk digital. Tidak ada batasan konsumen mana yang dapat membeli produk tersebut, karena bisnis online ini tidak hanya menjangkau Indonesia, tapi juga bisa menjangkau hingga luar negeri.

Maka dari itu, bisnis online sendiri tidak perlu membuka toko fisik, tapi hanya dengan menjalankan bisnis melalui website dan media sosial.

Jenis-jenis Bisnis Online

Kegiatan bisnis online bisa dikategorikan dengan berbagai jenis, mulai dari :

Website

Website merupakan salah satu jenis kegiatan bisnis online. Dimana website ini dapat menjadi tempat berjualan, sehingga konsumen tinggal datang saja ke website dan melakukan transaksi di website juga. Website ini sudah ibaratkan menjadi sebuah toko, tapi secara online artinya tidak ada bentuk fisiknya. Jadi pengunjung hanya perlu masuk ke website, mencari informasi produk, dan melakukan transaksi.

Marketplace

Marketplace merupakan sebuah platform perantara untuk penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi. Bisa disebut juga sebagai sebuah pasar, tapi versi online. Contoh marketplace yang sudah cukup terkenal di Indonesia saat ini adalah Tokopedia, Blibli, Shopee, Bukalapak, dsb. Berjualan online sekarang pun semakin mudah berkat adanya marketplace tersebut, hanya perlu daftar dan mulai membuka toko saja.

Media Sosial

Sebenarnya media sosial hanya sebagai sarana untuk bersosialisasi antara pengguna saja. Namun saat ini media sosial juga sudah digunakan sebagai sarana untuk transaksi jual beli secara online. Pasti anda bila bermain instagram sering banget menemukan sebuah akun tapi isinya konten jualan. Nah ini dia yang di maksud dengan Media sosial sebagai salah satu kategori bisnis online. Sebab hanya dengan modal satu akun media sosial, pengguna sudah bisa mulai membuka bisnisnya. Bahkan pada media sosial juga sudah menyediakan fitur akun bisnis yang dapat menunjang aktivitas bisnis online yang ingin anda buka.

Manfaat dari Bisnis Online

Kemudahan yang ditawarkan dari bisnis online tentunya bisa terbilang cukup menggiurkan. Dimana membuka bisnisnya mudah dan gratis, tapi keuntungan yang didapatkan bisa hingga berkali kali lipat. Banyak juga manfaat yang bisa didapatkan dari Bisnis online yakni :

Bisa menjangkau pasar yang lebih luas

Berbeda dengan toko fisik atau toko offline dimana tempat penjualan anda hanya berada satu daerah. Sedangkan bisnis online, tidak hanya satu daerah saja, tapi melainkan nasional dan bahkan internasional. Tidak ada batasan wilayah untuk anda berjualan.

Murah

Membuka bisnis online tidak membutuhkan biaya alias gratis, bahkan tidak perlu stok barang untuk mulai berjualan. Kini sudah banyak fitur dropshipper yang dimana cukup membantu para penjual yang memang tidak ingin stok barang. Promosinya sendiri juga tergolong murah, tidak perlu memasang iklan di berbagai media cetak, koran, ataupun baliho. Cukup dengan iklan dari media sosial yang dimana harganya juga lebih murah karena bayarannya per klik.

Lebih fleksibel

Fleksibel disini berarti anda bebas untuk menjalankan bisnis anda dimana saja. Hanya perlu modal smartphone atau laptop, anda sudah bisa mulai berjualan online. Bahkan jam operasional juga fleksibel, terserah anda ingin buka atau tutup jam berapa, atau bahkan anda bisa membuka online selama 24 jam penuh.

baca juga : Apa itu VPS? Berikut Ini Penjelasan Mengenai VPS!

Kesimpulan

Jadi memulai bisnis online itu tidaklah susah, malah sangat gampang sekali. Bisnis online bisa dimulai oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Bila anda tidak tahu mau jualan apa, anda bisa saja mulai dengan dropship, atau mungkin kerajinan tangan anda, jasa yang bisa anda berikan, dan sebagainya. Yang penting anda siap untuk menjalankan bisnis online dan mulai menekuninya.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles