Apa itu Domain? Berikut ini Penjelasan Lengkap Tentang Domain

Apa itu Domain? Berikut ini Penjelasan Lengkap Tentang Domain – Domain sendiri kata-kata yang sudah sering kita dengar dalam dunia internet, tapi apakah kamu tau apa itu domain? Domain ini sendiri secara singkat adalah sebuah alamat website. Alamat yang biasa anda tuliskan dalam bar website anda yang selalu berakhiran seperti .com, .id, co.id.

Pengertian Domain

Apa pengertian domain? Domain merupakan sebuah alamat yang mengantarkan anda ke sebuah website. Pada dasarnya, domain ini merupakan sebuah alamat IP dengan kombinasi angka yang rumit, karena banyaknya website yang beredar di internet maka muncullah domain yang berguna sebagai pengidentifikasi web hosting.

Nah, domain ini sendiri memiliki dua elemen yakni nama website dan ekstensi. Seperti contohnya Cloudbank.id, nama cloudbank disini merupakan nama website sedangkan ekstensi yang digunakan adalah.id. Registrasi nama domain ini sendiri biasanya dikelola oleh sebuah organisasi bernama ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers), dimana ICANN ini sendiri juga menentukan ekstensi yang tersedia.

Domain Berfungsi Sebagai Apa?

Nah setelah mengetahui pengertian dari Domain itu sendiri, ini saatnya kita membahas apa sih fungsi domain itu sendiri? Domain ini secara singkat diibaratkan sebagai sebuah jalan pintas yang mengarah ke server kita untuk dapat meng online kan website. Setiap website sebenarnya memiliki IP tersendiri yang bisa diakses melalui komputer karena komputer sendiri bisa memahami angka tersebut. Namun kan repot banget bila menggunakan angka. Disanalah domain berfungsi, dimana mengidentifikasi website dan bisa mengarahkan website ke alamat IP dimana anda menyimpan data website. Jadi pengguna yang ingin mulai membuka bisnis usaha online bisa untuk mulai membeli domain murah di Cloudbank.

Jenis-jenis Domain

Tahukah kamu bahwa domain itu tidak hanya satu jenis tapi juga memiliki beberapa jenis. Yang paling populer saat ini adalah .com, tapi selain .com masih banyak loh lainnya seperti .online, dsb. Berikut ini jenis-jenis domain yang beredar saat ini :

1. TLD : Top Level Domain

Sesuai dengan namanya, jenis domain ini merupakan domain tingkat atas dimana terdapat ribuan TLD yang bisa digunakan, salah satunya adalah .com, .net, .org, .edu, .org, dsb.

ccTLD : Country Code Top Level Domain

ccTLD ini memiliki dua huruf berdasarkan kode negara, seperti contohnya .us untuk United States, .id untuk Indonesia, .sg untuk Singapura, dsb. Biasanya ccTLD ini untuk perusahaan yang memang membuka situs khusus pada setiap negara jadi bisa menunjukkan kepada user bahwa mereka sedang berada di situs khusus negara tersebut.

gTLD : Generic Top Level Domain

gTLD ini merupakan TLD yang tidak menggunakan kode negara, tapi digunakan untuk penggunaan tertentu seperti .gov untuk pemerintahan, .edu untuk edukasi, .org untuk sebuah lembaga, dsb.

2. SLD : Second Level Domain

SLD biasanya adalah nama domain yang didaftarkan. Contohnya Cloudbank.id, nah nama “cloudbank” ini sendiri bisa disebut sebagai SLD karena SLD ini lebih mengartikan nama website anda.

3. Third Level Domain

Biasanya ini disebut dengan subdomain, dimana letaknya berada pada bagian depan. Contohnya www.cloudbank.id, nah www. Ini bisa dikategorikan sebagai Third Level Domain, atau contoh lainnya blog.cloudbank.id, nah “blog” ini merupakan third level domain.

Cara untuk Membeli Domain

Nah setiap penyedia layanan selalu memberikan sistem dan proses pendaftaran yang berbeda pula. Untuk lebih singkat dan jelas, anda bisa mulai masuk ke dalam www.cloudbank.id/domain dan mulai mencari nama domain yang cocok untuk memulai website anda.

domain murah cloudbank

Kesimpulan Domain

Nah, jadi sudah mengerti kan apa itu domain? Intinya domain adalah alamat pada sebuah website yang ingin anda tuju. Dengan nama domain, anda akan lebih mudah menghapal alamat sebuah website daripada menggunakan alamat IP yang cukup rumit. Untuk memiliki sebuah nama domain, anda tentunya harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Untuk mendapatkan sebuah nama domain, anda bisa menemukan nama domain di Cloudbank dengan harga yang murah.

Latest articles

spot_imgspot_img

Related articles